BAB 5 DASAR PEMROGRAMAN PHP



TIPE DATA (2)

2.  TIPE INTEGER

    Integer adalah sederet angka dimana dituliskan sebagai set Z = {..., -2, -1, 0, 1, 2, ...}. Penulisan bilangan integer bisa dalam notasi decimal (10-based),  hexadecimal (16-based) atau octal (8-based), termasuk penanda (- atau +).
Jika digunakan notasi octal maka penulisan harus didahului dengan angka 0 (nol) dan jika digunakan notasi hexadesimal maka penulisan harus didahului dengan angka 0x.

Penulisan yang benar adalah sebagai berikut :
<?php $a = 1234; # angka desimal postif
$a = -123; # angka desimal negatif
$a = 0123; # angka oktal (sama dengan nilai 83 desimal)
$a = 0x1A; # angka hexadesimal (sama dengan 26 desimal)
?>

Besarnya ukuran integer bergantung pada platformnya, meskipun maksimum nilai integer berkisar dua milyard (32 bits signed/positif). Besar ukuran maksimal integer ditentukan dari PHP_INT_SIZE (melalui pengaturan di file php.ini) , dan maksimal nilainya ditentukan dari pengaturan  PHP_INT_MAX.


3. TIPE PECAHAN / FLOATING POINT
    Jenis floating point merupakan bilangan pecahan dengan presisi tinggi, dan yang termasuk dalam floating point antara lain float, double, dan real. Besar ukuran tipe data float bergantung pada platform yang digunakan, secara umum adalah ~1.8e308 atau 1.8 X 10308 dengan tingkat presisi 14 digit desimal, ini mengacu pada standar format 64 bit IEEE.

Contoh penulisannya  adalah sebagai berikut :
<?php 
$a = 1.234;
$a = 1.2e3;
$a = 7E-10; 
?>

Terkadang tipe floating point menghasilkan nilai yang tidak sesuai dengan yang diharapkan, misalnya saja:

<?php 
echo floor((0.1+0.7)*10); // Tercetak: 7
?>

Pembulatan dengan fungsi floor() di atas seharusnya menghasilkan nilai 8, tetapi yang tercetak adalah nilai 7. Ini disebabkan nilai pecahan dalam notasi decimal seperti 0.1 atau 0.7 tidak bisa dikonversikan dan dicarikan padanannya tanpa harus kehilangan ketelitiannya.

Contoh lain: misalnya 1/3 dalam decimal akan menghasilkan nilai 0.3333333…., sehingga sangat disarankan agar tidak menggunakan angka floating point sebagai perbandingan persamaan.


4. TIPE STRING
    String boleh dikatakan sebagai serangkaian character. Dimana besarnya character sama dengan byte. Ada tiga cara  penulisan string, antara lain:    Single quoted / petik tunggal Penulisan string dengan single quoted harus diawali dan diakhiri petik tunggal (karakter '). Cara ini sedikit membingungkan jika ada karakter-karakter khusus (escaped character) yang disertakan. Misalnya, jika ada karakter petik tunggal yang akan disisipkan maka sebelum karakter petik tunggal harus didahului dengan  backslash (\)

<?php
echo 'Ini contoh string sederhana';
echo 'Anda juga bisa menambahkan baris baru dalam strings, seperti cara berikut.';
echo 'Hari Jum\'at aku akan datang di kota Malang';
// output: ... "Hari Jum'at aku akan …"
?>

 Double quoted / petik ganda Penulisan string dengan doubled quoted harus diawali dan diakhiri petik ganda (karakter "). Pada dasarnya cara penulisan double quoted hampir sama dengan single quoted, tetapi double quoted lebih fleksibel dan memiliki lebih banyak escaped character yang bisa disisipkan.



Jika kita menuliskan karakter khusus  (escaped character) selain yang terdaftar dalam tabel di atas, maka akan menyebabkan karakter backslash (\) akan ikut tercetak.   

<?php 
$minuman = 'Juice'; 
echo "$minuman's rasanya enak"; // Bisa bekerja, tetapi nilai variable tidak tampil, karena karakter (') pada $minuman's salah jika digunakan sebagai nama variabel.
echo "Dia minum segelas $minumans"; // Salah, karena 's' pada variable $minumans bukan nama variable  yang sesungguhnya.
echo "Dia minum segelas ${minuman}s "; // Benar
?>

Comments

Popular Posts